Pedoman Penulisan Naskah Jurnal Keperawatan Universitas Jambi (JKJ)

Jurnal Keperawatan Unja hanya menerima naskah/artikel ilmiah yang belum pernah dipublikasikan atau sedang tidak diajukan untuk diterbitkan di media yang lainnya baik dalam maupun luar negeri. Naskah dapat berupa hasil penelitian, analisis data sekunder, analisis kebijakan maupun kajian (review) serta hasil studi kepustakaan yang bermanfaat untuk menunjang kemajuan ilmu, pendidikan, dan praktik keperawatan profesional. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah yang dikirimkan akan dibahas oleh Dewan Redaksi bersama para pakar sesuai bidang keilmuannya. Dewan Redaksi berhak menyunting naskah sepanjang tidak mengubah arti atau inti/isi pokok tulisan guna keperluan tata letak.

Naskah dikirim dalam bentuk electronic file di dalam CD maupun tercetak 1 (satu) eksemplar dikirim melalui pos disertai surat pengantar, biodata, dan surat pernyatan bebas plagiat yang ditandatangani penulis bermaterai 6000. Diketik menggunakan program Ms. Word, spasi 1,5; penulisan dua kolom (kecuali bagian judul, identitas penulis dan abstrak), huruf times new roman 12 pt, batas tepi (margin) 2,5 cm tiap tepi, jumlah halaman 10-20, dengan kertas berukuran A4.

Naskah hasil penelitian hendaknya disusun menurut sistematika sebagai berikut :

  1. Judul dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ditulis maksimal 12 kata. judul dalam bahasa Indonesia dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah. Judul dalam bahasa Inggris dicetak miring dan tidak semua diketik dengan huruf besar, hanya disetiap awal kata kecuali kata penghubung. Menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas.

  2. Identitas Penulis diketik tanpa gelar di bawah judul dan dilengkapi alamat korespondensi, nomor telepon, dan email.

  3. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 200 kata, dalam satu alinea mencakup masalah, tujuan, metode, hasil dan simpulan (IMRAD: Introduction, Method, Result, and Discussion), disertai dengan 3-5 kata kunci.

  4. Pendahuluan berisi latar belakang, tinjauan pustaka secara singkat dan relevan serta tujuan penelitian. Panjang tidak lebih dari dua halaman ketik`

  5. Metode meliputi rancangan penelitian (desain), populasi, sampel, variabel penelitian, sumber data, teknik/instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin agar peneliti lain dapat melakukan uji coba ulang.

  6. Hasil adalah temuan penelitian yang disajikan tanpa pendapat yang menjawab tujuan penelitian. Dikemukakan dengan jelas dalam bentuk narasi dan data yang dimasukkan berkaitan dengan tujuan penelitian, bila perlu disertai dengan ilustrasi (lukisan, gambar, grafik, diagram), tabel atau foto yang mendukung data. Hasil yang telah dijelaskan dengan tabel atau ilustrasi tidak perlu dijelaskan panjang lebar dalam teks.

  7. Pembahasan menguraikan secara tepat dan argumentatif hasil penelitian dengan fakta, teori dan temuan terdahulu yang relevan.

  8. Simpulan dan Saran berupa kesimpulan hasil penelitian dalam bentuk narasi tidak diperinci dalam poin-poin yang mengacu pada tujuan penelitian.

  9. Tabel diketik 1 spasi dan diberi nomor urut sesuai dengan penampilan dalam teks. Jumlah maksimal 6 tabel dan atau gambar dengan judul singkat. Setiap gambar, grafik, dan bagan juga diberi nomor urut. Judul tabel ditulis pada bagian atas, sedangkan judul gambar, grafik dan bagan ditulis pada bagian bawah.

  10. Ucapan Terima kasih jika diperlukan dapat diberikan kepada pihak-pihak yang telah memberi bantuan dana dan dukungan, lembaga atau bagian yang memberikan dukungan serta para profesional yang memberikan kontribusi dalam penyusunan naskah.
  11. Rujukan sesuai aturan Vancouver, nomor urut disesuaikan dengan pemunculan dalam keseluruhan teks, maksimal 25 dan diutamakan rujukan jurnal terkini. Penomoran referensi yang dikutip diletakkan di belakang kutipan, menggunakan superscript font (contoh1,2). Bila nomor kutipan berurutan lebih dari 2, nomor awal dan akhir dipisahkan dengan tanda hubung (contoh 1-3). Penulisan rujukan harus taat asas dan konsisten.Cantumkan nama belakang penulis dan inisial nama depan. Maksimal 6 orang, selebihnya diikuti dkk (et al). Huruf pertama judul acuan ditulis dengan huruf kapital, selebihnya dengan huruf kecil, kecuali nama orang, tempat, dan waktu. Judul tidak boleh digaris bawah dan ditebalkan hurufnya.
    Contoh penulisan referensi :

    • Artikel Jurnal Penulis lebih dari 1 Penulis:
      Rizona F, Susetyowati S, Lusmilasari L. Mothers feeding behaviours on overweight toddler. Int J Community Med Public Health 2016;3:831-6..
    • Artikel Jurnal Penulis Organisasi:
      Diabetes Prevention Program Research Group. Hypertension, insulin,and proinsulin in participants with impaired glucose tolerance. Hypertension. 2002; 40 (5): 679-86.
    • Buku yang ditulis Individu:
      Pudjiadi. Ilmu Gizi dan Klinis pada Anak. Jakarta : Balai Penerbit FK UI; 2000.
    • Buku yang ditulis Organisasi dan Penerbit:
      Royal Adelaide Hospital; University of Adelaide, Department of Clinical Nursing. Compendium of nursing research and practice development, 1999-2000. Adelaide (Australia): Adelaide University; 2001.
    • Bab dalam Buku:
      Meltzer PS, Kallioniemi A, Trent JM. Chromosome alterations in human solid tumors. In: Vogelstein B, Kinzler KW, editors. The genetic basis of human cancer. New York: McGraw-Hill; 2002. p. 93-113.
    • Materi Hukum atau Peraturan:
      Regulated Health Professions Act, 1991, Stat. Of Ontario, 1991 Ch.18, as amended by 1993, Ch.37: office consolidation. Toronto: Queens Printer for Ontario; 1994.
    • Artikel Jurnal di Internet:
      Adyasaputra, A. S., 2007. Patterns and prevalence of nosocomial bacterial infection from intensive care unit patients. The Indonesian Journal of Medical Science. 2(2), (Online), (http://www.medicalscience/aa2.htm., diakses tanggal 20 Maret 2008, jam 13.00 WIB).
    • Buku di Internet:
      Foley KM, Gelband H, editors. Improving palliative care for cancer [monograph on the Internet]. Washington: National Academy Press; 2001 [cited 2002 Jul 9]. Available from: http://www.nap.edu/books/0309074029/html/.
    • Ensiklopedia di Internet:
      A.D.A.M. medical encyclopedia [Internet]. Atlanta: A.D.A.M., Inc.; c2005 [cited 2007 Mar 26]. Available from: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/encyclopedia.html. Situs Internet: Canadian Cancer Society [homepage on the Internet]. Toronto: The Society; 2006 [updated 2006 May 12; cited 2006 Oct 17]. Available from: http://www.cancer.ca/.
    • Ilustrasi Berupa lukisan, gambar, grafik atau diagram diberi nomor dan diacu berurutan pada teks. Judul diberikan dengan singkat dan jelas dibawah ilustrasi (tidak di dalam ilustrasinya). Keterangan Pada ilustrasi atau foto dibuat tanpa menggunakan border.
  12. Foto hitam-putih/berwarna
    Kontras, tajam, jelas dan sebaiknya diambil dalam format JPEG, atau format digital lain yang bisa diedit.
  13. Naskah dikirim kepada:
    Redaksi Jurnal Keperawatan Universitas Jambi, Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Imu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi, Jalan Letjend. Soeprapto No. 33 Telanaipura kota Jambi, Telp & Fax: (0741) 60246 dan e-mail: jkj@unja.ac.id

Download File Panduan Penulisan Jurnal Keperawatan Jambi :